Resume Bandung ICT Expo 2019 24-10-2019

Nama : Bening Endah Larasati

Kelas : MB40-03

NPM : 1401164243

Pemateri :

Zulhelfi Abidin

Direktur Network IT Solutin Telkom Indonesia

Tema :

Future Of Telkom Infrastructure and Business Model

Judul :

Big Data And Artificial Intelligance As Future Telco Business Enablers

Telkom Indonesia telah menyalurkan kabel optik sebanyak 458 IKK (Ibu Kota Kabupaten Kota) di Indonesia,. Telkom Indonesia memiliki jumlah pelanggan sebanyak 6,5 Juta, dengan total panjang IGG 5.403 km. Telkom Indonesia memiliki Data Center di dua puluh dua lokasi (tujuh belas lokasi domestik, lima lokasi Internti). Sekarang Telkom Indonesia sudah menyalurkan 164,26 km fiber optic.

Seiring perkembangan jaman Telekomunikasi semakin memudahkan pelanggannya untuk melakukan komunikasi. Pada tahun 1990 komunikasi yang dilakukan baru terhubung satu arah (connect) contoh, pada tahun 1990 komunikasi baru dilakukan melalui e-mail (yahoo). Pada tahun 2000 komunikasi yang terjadi dua arah (engage). Pada tahun tersebut komunikasi dilakukan melalui facebook, skye, whatsapp, youtube, dan lainnya.. Pada tahun 2020 komunikasi dapat dilakukan ke berbagai arah (transform). Pada tahun 2030 dapat diprediksi dalam bidang Telekomunikasi akan ada lebih dari 100 miliar koneksi perangkat dengan solusi cerdas yang ditambahkan dibutuhkan cloud dimana-mana, dan dunia dapat diprogram dengan jaringan cerdas. Tantangan dalam bidang Telekomunikasi pada tahun tersebut adalah kesiapan kapasitas, kemampuan latensi, realibility, arsitektur, dan model operasi.

Kegagalan proyek Big data 60 % dari inisiatif kegagalan bigdata. 85 % kegagalan terjadi dari bukan masalah teknologi. Lebih dari 87 % organisasi dikategorikan memiliki kecerdasan bisnis dan kematangan analitik yang rendah. Masalah pada kepemimpinan, salah pada identifikasi jenis masalah bisnis strategi. Komunikasi yang buruk yang gagal menerjamahkan strategi bisnis menjadi teknis. Masalah pada niat yang ambisius yang memulai dengan proyek besar. Masalah pada kurangnya keterampilan.

Pemateri Kedua :

Dr. Mo Li

ZTE CTO Group

Judul :

5G Networking- Foundation of Future Digital Technologies

Pada Connectivity the new electricity, connectivity memberikan kekuatan pada industrial 4.0, Health, Education, Relationship, Leisure, Financial, Agriculture, dan Commercial.

Dasar 5G terdiri dari :

  1. Simplify
    1. Simplified RAN/ site
    1. Automatic Deployable Network
  2. Enchance
    1. Multi Edge Computing
    1. Artificial intelligence
  3. Dividing
    1. One network for all
    1. Decentralized deployment
  4. Fusion
    1. Application
    1. Information Security
    1. Industrial Automation
    1. IoT

Dari data yang diberikan, jaringan 5G diperkirakan akan muncul dalam waktu 3 tahun dari sekarang dengan jumlah pengguna sebanyak 500 juta orang. Dengan otomatisasi jaringan terdiri dari desain, bisnis, dan O&M. Dengan adanya otomatisasi jaringan bernanfaat untuk analisis big data serta membentuk kebijakan dalam pengaplikasian.

Kaitannya dengan e-commerce :

Dengan adanya penyebaran telekomunikasi di Indonesia yang semakin berkembang dapat memudahkan pelanggan dan penjual berkomunikasi dengan mudah. Dengan akses saat ini yang semakin memudahkan dan memiliki banyak variasi dapat memberikan peluang bisnis yang semakin banyak. Dengan adanya bigdata dapat memberikan media bagi para produsen untuk memberikan solusi bagi kebutuhan pembeli yang semakin bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *